Tips dan Trik Menggunakan Whatsapp yang Perlu Anda Ketahui – Update artikel terbaru kali ini caratip.com akan menunjukkan tips bagaimana cara memakai whatsapp untuk pemula, trik memakai whatsapp yang perlu diketahui, cara memakai WA dengan mudah. Whatsapp merupakan aplikasi mobile chatting yang sudah banyak dipakai orang. Aplikasi WhatsApp terus tumbuh, berkembang, dan menjadi lebih baik dengan banyak sekali fitur gres yang disematkan dari wkatu ke waktu. Tawaran mengirim teks dan melaksanakan panggilan gratis telah menarik hati 800 juta orang di seluruh dunia untuk menjadi pengguna setia aplikasi yang sekarang telah menjadi bab dari Facebook.

Jika Anda salah satu pengguna aplikasi Whatsapp, kemungkinan ada beberapa hal dari aplikasi ini yang barangkali masih tampak membingungkan, atau bahkan belum diketahui oleh Anda. Kabar baiknya, semua itu sanggup diperbaiki kalau Anda mengetahui caranya. Berikut ini tips dan trik Whatsapp yang mungkin belum Anda ketahui:

Trik Cara Menggunakan Whatsapp/WA yang perlu Anda ketahui

1. Mengambil riwayat dialog (Chat History) kalau ganti smartphone

Jika Anda mau beralih ke iPhone baru, atau mengganti Android usang Anda, Anda sanggup mengambil riwayat dialog Anda (chat history). Jika Anda memakai kartu microSD, maka langkah sederhananya, masuk ke Menu > Settings > Chat settings > Backup conversations.

Pindahkan microSD ke Smartphone baru, pasang WhatsApp, dan pulihkan saat diminta. Jika cadangan terdapat pada penyimpanan internal, Anda sanggup memakai file explorer untuk menemukan / sdcard / WhatsApp / folder dan memindahkan isinya secara manual.

2. Menghilangkan “last seen”

Ketika Anda melihat sebuah kontak pada WhatsApp, biasanya ada goresan pena “last seen” di bawah nama mereka, yang memberi tahu Anda, kapan mereka terakhir membuka WhatsApp.

Jika Anda ingin biar orang-orang tidak sanggup melihat kapan Anda terakhir memakai WhatsApp, Anda sanggup mengaturnya. Caranya, buka Settings > Account > Privacy > Nobody.

3. Mengecek kapan pesan dibaca

Anda sanggup mengetahui detil waktu kapan pesan Anda telah dibaca. Cukup tekan dan tahan pada pesan yang telah ditandai dua centang biru, kemudian tekan ikon Info (huruf i di dalam lingkaran), dan Anda akan mengetahui waktu persis kapan pesan Anda telah dibaca. Di iOS, Anda juga sanggup menyentuh dan menyeret (drag) pesan ke kiri untuk tujuan yang sama.

4. Mengunci WhatsApp

WhatsApp sanggup dikunci? Jawabannya, bisa. Tapi, hal ini mustahil dilakukan pada iOS tanpa jailbreaking. Sebaliknya, di Android Anda mempunyai banyak pilihan aplikasi keamanan yang akan memungkinkan Anda untuk melindungi dialog WhatsApp Anda dengan kata kunci (password) atau PIN. Anda sanggup mencoba Messenger and Chat Block, AppLock, atau Smart AppLock.

Beberapa dari aplikasi ini bahkan akan mengambil foto, kalau seseorang mencoba mengakses aplikasi Anda tanpa kata kunci atau PIN yang tepat, sehingga Anda sanggup mengetahui orang itu. Pada Windows Phone, Anda sanggup mencoba WhatsApp Locker. Jika Anda pengguna BlackBerry, Anda sanggup menjajal Lock for Whats Messenger.

5. Menggunakan Whatsapp di komputer

Jika komputer atau laptop Anda sudah terpasang Chrome, kunjungi laman WhatsApp Web dan ikuti petunjuk untuk ponsel Anda.

Anda harus memastikan bahwa ponsel Anda terhubung ke Internet, utamanya melalui Wi-Fi, alasannya ialah aplikasi web tersebut masih menyinkronkan segala sesuatunya dari ponsel Anda. Jalankan WhatsApp, kemudian temukan pilihan WhatsApp Web di menu, dan pindai isyarat QR di Chrome.

Sekarang Anda sanggup mulai chatting dan mendapat pemberitahuan pada komputer Anda. Sebagai catatan, trik ini tidak bekerja pada iOS.

6. Berhenti Menampilkan Gambar di Aplikasi Foto

Mungkin Anda tidak ingin semua gambar dari WhatsApp muncul di Camera Roll Anda pada iOS, atau di Galeri dan aplikasi foto lainnya pada Android. Di iOS, cara untuk tidak menampilkan gambar tersebut tersebut sangat mudah. Pergi ke Settings> Privacy> Foto dan alihkan WhatsApp menjadi off.

Di Android, gunakan file manager menyerupai ES File Explorer, kemudian pergi ke sdcard / WhatsApp / Media, kemudian ketuk New di bab kiri bawah di folder yang tidak ingin Anda bagikan, kemudian buat file berjulukan .nomedia. Ajaib! Gambar Anda tidak akan muncul di galeri lagi.
Menggunakan WhatsApp di Komputer

6. Menyetel percakapan grup menjadi senyap

Terkadang percakapan grup menciptakan berisik. Anda mungkin tidak ingin meninggalkan percakapan, tapi Anda juga mungkin tidak ingin mendapat pemberitahuan setiap kali seseorang mengirim pesan di grup.

Jika Anda memakai iPhone, buka grup chat, tekan subjek untuk mendapat layar Group Info, kemudian tekan Mute. Di Android, buka Chat, tekan Menu, kemudian tekan Mute. Anda sanggup memilih jangka waktunya, atau Anda sanggup menghapus centang pada kotak Show notifications untuk mematikan pemberitahuan secara permanen sesuai jangka waktu yang dipilih.

7. Memulihkan Pesan yang Dihapus

WhatsApp menyokong pesan pada perangkat Anda setiap pukul 4:00 pagi. Cara termudah untuk memulihkan pesan yang gres dihapus ialah mencopot WhatsApp dari Smartphone Anda dan memasangnya kembali. Selama proses itu, Anda akan ditanya apakah Anda ingin memulihkan pesan dari cadangan. Proses pemulihan ini akan meliputi pesan selama tujuh hari terakhir.

Jika Anda ingin mengembalikan riwayat dialog yang lebih usang lagi di perangkat Android, gunakan aplikasi menyerupai ES File Explorer dan pergi ke sdcard / WhatsApp / Database untuk melihat cadangan riwayat dialog Anda Anda. Ganti nama file yang Anda inginkan menjadi msgstore.db.crypt, kemudian pergi ke Settings > Apps > WhatsApp > Clear data, kemudian mulai kembali WhatsApp Anda dan pulihkan saat diminta.

8. Membuat jalan pintas untuk obrolan

Jika ada dialog tertentu yang setiap hari Anda akses, akan menghemat waktu kalau Anda menciptakan sebuah jalan pintas pada home sceen Anda, yang eksklusif mengarah ke sana.

Yang perlu Anda lakukan ialah tekan dan tahan pada dialog tersebut, kemudian pilih Add conversation shortcut dari hidangan pop-up. Maka, jalan pintas ini akan muncul di home screen Anda. Anda sanggup menekan dan menahan jalan pintas itu untuk menyeretnya (drag), menyerupai ikon aplikasi atau widget lainnya. Cara ini hanya bekerja di Android.

9. Mengirim pesan secara massal

Mungkin Anda ingin menghemat waktu dengan mengirimkan pesan massal, tapi itu tidak berarti juga bahwa Anda ingin semua akseptor pesan Anda tahu bahwa itu ialah pesan grup. Fitur broadcast memungkinkan Anda mengirimkan pesan yang sama ke beberapa kontak, tetapi akan muncul sebagai pesan pribadi antara Anda dan si akseptor pesan.

Di Android, tekan Menu, kemudian New Broadcast. Di iOS, Anda cukup ketuk Broadcast List di layar Chatting, kemudian ketuk New List. Jika akseptor pesan membalasnya, pesan jawaban itu hanya terkirim ke Anda, tidak ke semua daftar akseptor pesan tadi.

Demikianlah tips dan trik wacana cara memakai whatsapp yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tags:
trik memakai whatsapp, cara memakai whatsapp, cara memakai whatsapp untuk pemula, trik memakai whatsapp yang perlu diketahui, cara memakai WA dengan mudah