Hematemesis atau yang dikenal juga sebagai muntah darah adalah sebuah kondisi ketika seseorang memuntahkan sesuatu dari mulut, disertai dengan darah. Biasanya muntahan yang satu ini berasal dari saluran pencernaan atas layaknya lambung dan juga kerongkongan. Namun juga bisa terjadi karena pendarahan yang ada di hidung kemudian tertelan. Darah yang dikeluarkan dari muntahan ini biasanya memiliki warna merah terang dan juga agak kehitaman, warna tersebut juga menunjukkan atau mengindikasikan tingkatan dari pendarahan yang terjadi.

Adapun beberapa gejala dari hematemesis ini yang patutnya Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Rasa mual.
  2. Mengalami kondisi perut yang tidak nyaman.
  3. Nyeri pada bagian perut.
  4. Keluar muntahan yang biasanya makanan dan sejenisnya disertai dengan darah.

Patut untuk diketahui bahwa hematemesis ini bukanlah hal yang bisa disepelekan, karena jika terus menerus dibiarkan bisa menyebabkan masalah yang lebih serius seperti diantaranya adalah aspirasi, karena darah mengumpul di bagian paru-paru sehingga kemudian menganggu sistem pernapasan. Kondisi yang lainnya adalah anemia karena terlalu banyak darah yang dikeluarkan, sehingga tubuh kehilangan kekurangan sel-sel darah merah. Jadi harus segera diobati.

Adapun diantara beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari hematemesis ini yang patut untuk Anda ketahui, diantaranya adalah:

  1. Masalah pada kerongkongan, jika seandainya kondisi kesehatan tersebut berasal dari pendarahan yang ada di bagian kerongkongan, maka ada beberapa diagnosis yang bisa jadi faktor penyebabnya, seperti diantaranya adalah varises esofagus, hal ini timbul karena sirosis. Kemudian juga bisa jadi faktor lain penyebabnya adalah esofagitis atau yang dikenal sebagai peradangan esofagus karena penyakit GERD, hingga yang tak kalah berbahaya dipicu oleh penyakit kanker esofagus.
  2. Lambung, faktor penyebab lainnya bisa disebabkan oleh pendarahan yang asalnya adalah dari lambung, misalnya ketika seseorang menderita tukak lambung yang sudah cukup parah, kemudian juga disebabkan oleh gastritis, hingga resiko terkena penyakit kanker lambung, sehingga terjadi pendarahan yang tidak kunjung berhenti.
  3. Usus dua belas jari atau yang dikenal sebagai duodenum, hematemasis ini juga dapat dipicu karena pendarahan dari usus dua belas jari, misalnya ketika terkena ulkus duodenum atau dipicu oleh peradangan pada lapisan usus dua belas jari tersebut, sehingga mengeluarkan darah.
  4. Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah, biasanya hal tersebut dipicu oleh pankreatiti akut.
  5. Cedera yang terjadi pada saluran pencernaan.
  6. Darah mimisan yang tertelan kemudian dimuntahkan, sehingga seolah-olah tengah memuntahkan darah.
  7. Penyakit kanker, kanker yang menyerang organ tubuh lain dan bisa menyebar ke area organ pencernaan, seperti diantaranya adalah kanker pankreas.

Untuk itu maka dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika seandainya mengalami kondisi tersebut agar segera ditangani sebelum bertambah parah. Biasanya ada beberapa jenis pengobatan yang digunakan untuk mengatasi kondisi tersebut, seperti:

  1. Menggunakan infuse, cairan infuse ini akan diberikan kepada penderitanya untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang agar tidak mengalami dehidrasi.
  2. Transfusi darah, guna mencegah terjadinya anemia pada penderita atau kekurangan sel darah merah.
  3. Endoskopi, dilakukan untuk mengetahui faktor penyebabnya dan juga pengendaliannya.
  4. Operasi, jika faktor penyebabnya termasuk hal yang serius maka dokter akan melakukan penanganan dengan jalan operasi.

Setidaknya itulah beberapa gejala penyebab sampai dengan pengobatan dari muntah darah ini yang patut diketahui.