Di masa pandemi seperti sekarang ini orang-orang mengisi hari dengan berbagai macam kegiatan. Termasuk bercocok tanam hingga berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang sedang populer saat ini adalah bersepeda. Gowes adalah kata yang identik dengan olahraga ini. Yuk cari tahu gowes artinya apa.

Apa Itu Gowes?

Kebanyakan masyarakat di beberapa daerah saat ini banyak mengandrungi olahraga ini. Ya, gowes merupakan sebuah istilah kekinian yang merujuk pada olahraga bersepeda. Olahraga yang terbilang cukup seru ini saat ini dikenal dengan istilah gowes.

Gowes juga diartikan sebagai aktivitas mengayuh pedal pada sepeda. Mungkin kata ini populer kemudian digunakan dikarenakan lebih simpel dan enak didengar, serta lebih gaul terdengar di telinga.

Dari Mana Asal Kata Gowes?

Mengingat saat ini banyak saja orang yang naik sepeda berkeliling kota, entah  untuk alasan hanya sekadar olahraga di Car Free Day, atau sengaja bersepeda ke kantor. Kata gowes ini jadi semakin populer dikalangan masyarakat.

Berangkat dari fakta, kata gowes sendiri berasal dari beberapa sumber. Salah satu pendapat menyebutkan bahwa kata gowes berasal dari sebuah singkatan bahasa jawa yang berbunyi  “Genjot Ora genjot Wis Teles” atau artinya dikayuh tidak dikayuh badanya basah.

Pendapat lainnya juga mengatakan bahwa kata gowes berasal dari Bahasa Inggris yang dimaksud adalah “Go West” berarti pergi ke barat. Pada intinya, apapun arti dan asal kata gowes tidak mempengaruhi keseruan aktivitas ini.

Kegiatan bersepeda yang semakin marak akhir-akhir ini tidak hanya sekadar trend namun, juga menjadi sebuah budaya baru yang akan berdampak positif bagi lingkungan. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli bahan bakar, hal itu bisa dijadikan sebagai langkah untuk berhemat. Bersepeda hemat di badan, juga sehat di keuangan.

Manfaat Gowes

Selain arti dan asal kata gowes penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa manfaat gowes sebelum memulainya. Kegiatan bersepeda merupakan salah satu langkah positif mengurangi polusi. Menerapkan kegiatan bersepeda di beberapa kota besar mampu menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan.

Bagi Anda yang sudah sering menggeluti kegiatan gowes pasti sudah merasakan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah petualangan yang mengasyikkan. Kini sudah tidak jarang lagi ditemukan klub atau komunitas bersepeda.

Pelaku gowes yang tergabung dalam komunitas biasanya akan mencari rute baru untuk dijelajahi dan jadi aktivitas setiap pekan. Tidak jarang daerah yang akan dituju sama sekali asing bagi mereka. Keseruan inilah yang menumbuhkan jiwa petualang, tidak takut untuk mengayuh sepeda mereka sampai ke tujuan, dan kemudian kembali ke rumah masing-masing.

Yang sudah jelas aktivitas bersepeda yang dilakukan dengan baik mampu membantu menjaga kesehatan Anda. Bersepeda memberikan efek baik bagi kesehatan jantung, karena olahraga bersepeda ini lebih banyak memicu jantung untuk bekerja.

Gerakan mengayuh pedal dan memegang setir bisa merangsang otot-otot yang ada di bagian punggung sehingga mampu menghindarkan Anda dari masalah persendian. Tulang belakang jadi semakin kuat, lantaran gowes juga cenderung minim risiko cedera persendian, seperti lari atau olahraga kardio lainnya.

Manfaat lain dari gowes atau bersepeda lainnya yakni bikin hati senang. Anda dapat berkeliling kota bersama keluarga, sahabat, tetangga, komunitas, atau bahkan sendirian pun, akan sangat menyenangkan. Bersepeda di pagi hari setelah Subuh, menghirup udara segar, tubuh diterpa angin sepoi-sepoi, suara burung di mana-mana, pemandangan indah nan segar tanpa polusi, sungguh sangat menyenangkan.

Itulah jawaban bagi Anda yang bertanya-tanya gowes artinya apa? Manfaatnya juga tak kalah penting bukan? Yuk isi kegiatan weekend Anda dengan bersepeda! Penuhi perlengkapan bersepeda Anda terlebih dahulu, berbagai perlengkapan bersepeda bisa Anda temukan di Blibli.com, manfaatkan juga cicilan 0% dan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia!